:::: MENU ::::

Monday, 22 February 2010

ABAS CH

Desa Tirtoyudan, Tirtorahayu, Palur, Kulon Progo INDONESIA

Abas CH, pria kelahiran Kulon Progo, 15 Juni 1953, sekarang bekerja sebagai PNS yatu guru agama sebuah SMA di kota Magelang. Berkaitan dengan praktik budaya atau kesenian, Abas CH mempunyai keahlian dalam mendongeng cerita baik bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia. Abas CH mengatakan akan terus menekuninya sampai akhir hayat dikandung badan.

Keahliannya mendongeng justru ia dapat bukan dari bangku sekolah namun otodidak, alami. Semasa dewasa ia sering mendengarkan siaran RRI tentang cerita pewayangan. Pada waktu itu dia menilai bahwa cerita yang ada kurang dibawakan secara menarik.

Cerita hasil karyanya sering kali ia bacakan dalam acara-acara tertentu maupun dalam rutinitasnya membawakan sebuah acara pembacaan cerita bahasa Jawa di salah satu radio swasta di Yogya. Dalam pembacaan cerita dia begitu berkesan dengan cerita berjudul "Kumandanging Katresnan", dan "Nyai Blorong". Cerita-cerita ini ia ambil dari majalalah berbahasa Jawa.

Prestasi yang pernah ia raih yakni mewakili Yogya sebagai pendongeng anak-anak nusantara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata seni dan Budaya, ia juga peranah mendapat penghargaan sebagai pendongeng yang diberikan oleh Kids Fun pada tahun 1998. Ia juga sering kerap kali diminta menjadi juri dalam lomba dongeng anak-anak.
Reaksi:

1 comment:

www.simbahzusuf.com SIMBAHZ